Kurangnya pemahaman pengusaha tentang pentingnya pemasaran selama ini mengakibatkan kurangnnya upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pemasarannya. Pengusaha kecil berfikir bahwa biaya over head akan meningkatkan efisiensi atau perputaran barang, sementara penigkatan biaya untuk pemasaran hanya menghasilkan keuntungan yang belum jelas.

Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan, atau promosi saja. Pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat.

Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal berikut: pertama, pembeli melakukan pembelian ulang, dengan memberikan kepuasan terhadap konsumen biasanya menimbulkan dorongan pembeli untuk dating kembali. Kedua, pembeli merekomendasikan produk ke orang lain.

Proses pemasaran terdiri atas pengenalan pasar, strategi pemasaran, bauran pamasaran, dan evaluasi pemasaran.

Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar antara lain, mengelompokan pasar, mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan. Semua barang dan jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap perkenalan, pertumbuhan, kematangan dan penurunan.

Selanjutnya menentukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah suatu car yang digunakan untuk membantu kitamembuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar atau target selera konsumen yang dituju.

Menentukan alamat pemasaran. Alat pemasaran disini lebih kita kenal dengan sebutan marketing mix/ bauran pemasaran, yaitu gabungan atau penggunaan kombinasi unsur-unsur serta produk, harga, promosi, dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang ideal yang sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.

Menyusun rencana pemasaran. Rencana pemasaran harus di susun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Pencana pemasaran yang disusun tersebut dapat menuntun pengusaha agar tetap mengarahkan usahanya pada pencapaian tujuan yang teah direncanakan. Juga dapat membantu proses pengembangan yang aka meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Categories: