Pada dasarnya setiap usaha memerlukan modal. Modal usaha dapat berupa modal dana dan modal nondana berupa keahlian dan keterampilan. Ada istilah cina mengatakantidak ada untung tanpa ada modal.

Jenis modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha adalah modal investasi awal, modal kerja, modal operasional. Modal investasi awal asalah modal yang diperlukan di awal usaha, biasanya dipakai untuk jangka panjang. Modal kerja adalah modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau membuat barang dan jasa yang kita hasilkan. Modal operasional adalah modal yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari usaha kita.

Untuk memulai suatu usaha, sumber permodalan dapat diperoleh melalui modal sendiri, pinjaman bank, bank syariah dan sumber modal lainnya.

Setelah meencanakan usaha dan memperoleh modal usaha, maka selanjutnya adalah mengelola keuangyan selama proses usaha berjalan. Yang harus diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah jangan pernah mencampurkan antara uang perusahaan dan uang pribadi, pastikan system pencatatan rapid an teratur, management kas untuk mengoptimalkan asset, dan evaluasi terkait realisasi produksi dan penerimaan, biaya, serta persediaan jumlah piutang dan utang dan kondisi kas.

Sebagai sebuah badan usaha, kita harus membuat laporan keuangan untuk memastikan bahwa tidak ada uang yang hilang. Laporan keuangan yang umumnya dibuat adalah neraca dan laporan laba rugi. Laporan keuangan bermanfaat bagi prediksi penjualan, keuntungan, dan efisiensi modal perusahaan pada tahun mendatang.

Categories: