Seorang pengusaha umumnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih dari nonpengusaha. Memikirkan hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain. Dan mampu merubah inovasi tersebut menjadi ‘permintaan’.

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang. Dan inovasi adalah kemampuan menerapkan kreatifitas. Kemampuan Kreativitas dan inovasi berperan penting dalam suksesnya sebuah usaha.

Pelaku dunia bisnis saat ini dituntut harus kreatif agar dapat mempertahankan eksistensi usahanya. Untuk itu harus terus berusaha memncari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Oleh karena itu kreatifitas sangat diperlukan oleh setiap pengusaha.

Hal-hal yang menghambat kreativitas yaitu psikologis, budaya, lingkungan, bahasa berpikir, keterpakuan fungsional, cara pandang. Seperti kita ketahui, hambatan-hambatan lah yang memunculkan kreativitas. Dengan mengubah cara berfikir dan proses bertindak.

Inovasi sangat penting dalam kewirausahawan. Pengusaha adalah innovator, yang tidak selalu sebagai inventor. Pengusaha berperan sebagai pengatur pengalokasian sumberdaya dalam usaha ekspoitasi temuan yang mungkin sudah ada sebelumnya. Inovasi harus dibangun melalui budaya kreatif, mengikuti tren perubahan, dan membangun pasar.

Ketika seorang pengusaha mendapat gagasan inovasi untuk produk atau jasa yang memiliki potensi pasar, dengan segera mereka hars melindunginya dari pengguna yang tidak sah. Ini sangat penting untuk menghindari usaha-usaha peniruan dan duplikasi yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Categories: