Yang muda yang Berjaya, anak muda penuh dengan energy, memiliki daya kreatifitas yang tinggi, dan cepat mengambil tindakan yang cukup berani. Anak muda harus mampu menggunakan kelebihan energy yang ada untuk adu kreatifitas serta mengembangkan semangat kompetisi yang tinggi.

Berpedoman pada “jika orang lain mampu, saya pun mampu” semua orang mempunyai potensi yang sama untuk berhasil. Kembangkan usaha sesuai kemampuan yang kita miliki. Hal-hal besar tidak dicapai secara tiba-tiba, melainkan melalui perpaduan dari serentetan hal-hal kecil yang dilakukan dengan baik dan sempurna.

Ada beberapa hal yang harus dipresiapkan untuk menjadi pengusaha muda, yaitu kepribadian, keterampilan, kekuatan, dan kemauan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.

Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Kepribadian yang matang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental, dan menyesuaikan diri dengan orang lain

Pengusaha muda harus menguasai keterampilan dalam bidang soft skill. Salah satu kelemahan para pengusaha muda adalah keterampilan dalam bidang soft skill. Keterampilan soft skill yang harus dikuasai seperti menjaga reputasi, kemampuan membangun jaringan, naluri mengenali peluang usaha, kemampuan persuasi dan negosiasi.

Banyak pendapat menyatakan bahwa memulai usaha pada usia muda akan lebih berhasil dibanding dengan ketika sudah tua. Alasan mengapa usaha muda perlu dikembangkan yaitu karna adanya kekuatan positif di anak muda terutama mahasiswa untuk berhasil dalam dunia usaha dengan modal kelebihan energy, penguasaan teori yang baik, daya nalar yang baik, fisik prima dan kreativitas tinggi. Ada peluang cukup besar berwujud potensi yang perlu dikembangkan dari status mahasiswa dan kaum muda, seperti waktu yang relative longgar, banyak peluang karna pergaulan yang luas, simpati masyarakat terhadap kaum muda yang tinggi.

Hamper setiap orang memimpikan masa depan yang indah. Ada yang berhasil mewujudkan dan ada yang tidak. Bermimpilah dan ikuti dengan tindakan dan lankah nyata untuk mencapainya agar menjadi kenyataan.

Banyak kasus yang awalnya sekedar mimpi akhirnya mendai kenyataan. Mewujudkan mimpi menjadi kenyataan merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada semua pengusaha muda. Bagaimana mencapai mimpi tersebut? Ubah impian menjadi visi, susun rencana yang strategis, tetapkan rencana jangka pendek dan jalankan usaha.

Dream, believe and make it happen.

Categories: